Sebelum menikah, Jawab Dulu 12 Pertanyaan Penting Untuk Diri Anda Sendiri ini!

Sebelum menikah, Jawab Dulu 12 Pertanyaan Penting Untuk Diri Anda Sendiri ini!
Menikah bukan hanya menyatukan dua orang, tetapi menyatukan dua keluarga menjadi satu ikatan. Menikah adalah hal yang mudah, tetapi untuk tetap bahagia dan saling menjaga kasih sayang bukanlah hal mudah. 12 Pertanyaan untuk diri sendiri sebelum menikah ini akan membantu Anda untuk lebih mengenal dan meyakinkan diri Anda sendiri bahwa Anda sudah siap dengan keputusan Anda.

1. Siapakah Diri Anda?

Apakah anda sudah mengenali diri Anda sendiri? Anda mampu mengenali diri Anda sendiri sebelum menikah. Jika belum, bagaimana pasangan Anda bisa mengenal Anda?

2. Apakah Anda Terjebak?

Apakah Anda nyaman dengan hubungan yang Anda jalani sekarang? Apakah Anda benar-benar peduli dengan hubungan Anda atau Anda bertahan hanya karena terlanjur sudah lama berpacaran saja?

3. Apakah Hubungan Anda Seimbang?

Apakah Anda merasa hubungan Anda sudah seimbang dalam perhatian dan pengorbanan? Atau salah satu dari Anda atau pasangan Anda saja yang hanya berkorban?

4. Apakah Anda Bahagia dengan Diri Anda Sendiri dan Hubungan Anda?

Tanyakan lagi kembali pada diri Anda. Apakah Anda bahagia dengan diri Anda sendiri? Apakah hubungan Anda membebani hidup Anda? Perlu diingat, jika pernikahan bukan solusi untuk Anda yang belum bahagia dengan diri Anda sendiri.

5. Apakah Kita Melakukan Pernikahan ini dengan Alasan yang Benar?

Pertanyaan untuk diri sendiri sebelum menikah berikutnya ini harus Anda jawab dengan jujur kepada diri Anda. Jangan sampai Anda menikah segera karena tuntutan orang tua atau bahkan untuk balas dendam kepada mantan.

6. Apakah Anda Benar-Benar Percaya dengan Pasangan Anda?

Terdengar mudah, namun coba cek kembali ke dalam diri Anda. Apakah Anda sering mengecek HP pasangan Anda? Atau melihat Instagram pasangan Anda secara terus menerus?

7. Apa yang Membuat Calon Anda Berbeda dari yang Lainnya?

Yakinkan diri Anda sendiri bahwa pasangan Anda unik dan berbeda dengan orang lain. Tulis poin yang Anda temukan dari renungan ini dan selalu ingat poin ini ketika Anda sedang merasa jauh dengan pasangan Anda.

8. Apakah Anda dan Pasangan Anda Berada dalam Satu Arah?

Pastikan Anda sudah mempunyai moral yang sama dengan pasangan Anda. Tentukan berapa anak yang Anda inginkan, gaya hidup yang akan Anda jalankan setelah menikah dan segala arah tujuan hidup Anda dan pasangan.

9. Apakah Anda bisa Menerima Keburukan Pasangan Anda Selamanya?

Sebelum menikah, Anda harus mampu membuka mata Anda dan melihat keburukan yang pasangan Anda miliki. Temukan keburukan sekecil apapun dari pasangan Anda dan jangan berpikir positif berharap keburukan pasangan Anda bisa berubah. Seiring waktu, keburukan seseorang akan semakin bertambah, dan Anda tidak akan bisa mengubahnya. Maka dari itu, bisakah Anda bisa menerima keburukan pasangan Anda selamanya?

10. Apakah Anda Merasa Nyaman dengan Keluarganya?

Karena menikah bukan hanya mempersatukan dua orang melainkan dua keluarga menjadi satu. Anda harus bisa merasa nyaman di sekitar keluarganya dengan cara mengikuti berbagai aktivitas yang disukai keluarganya. Hubungan Anda akan jauh lebih nyaman jika lebih dekat dengan keluarganya.

11. Apakah Tujuan Hidup Anda Didukung oleh Pasangan Anda?

Apakah cita-cita positif Anda didukung oleh pasangan Anda? Jika belum, cobalah bicarakan mimpi Anda dengan terbuka ke pasangan Anda. Mengejar mimpi akan banyak menguras waktu dan tenaga Anda. Maka, pastikan tujuan hidup Anda didukung oleh pasangan Anda.

12. Berapa Banyak Uang yang Anda dan Pasangan Anda Miliki Sekarang?

Sudah cukupkah uang yang Anda dan pasangan Anda miliki sampai 2-3 tahun kedepan? Apakah pendapatan bulanan Anda dan pasangan cukup menutupi pengeluaran kalian kedepannya? Karena menikah bukanlah hanya semalam, namun selamanya.

Berikut pertanyaan untuk diri sendiri sebelum menikah yang penting untuk ditanyakan ke dalam diri Anda masing-masing demi kehidupan yang lebih membahagiakan dan jangan sampai tersiksa seumur hidup dikarenakan Anda kurang teliti dan kurang memikirkan berbagai pertimbangan. Selamat mencoba!

Jika ada keraguan yang Anda miliki setelah membaca self-talk quiz ini, silahkan DM instagram saya @juliaasikin atau email ke julia.asikin@gmail.com. Saya akan dengan senang hati membantu menjawab keraguan Anda. Jangan lupa untuk subscribe email Anda, supaya Anda mendapatkan notifikasi untuk berbagai artikel pernikahan baru.

2 komentar:

  1. Iya banget, makanya mikir pengen fokus sekolah lagi daripada nikah dulu. Karena ya seperti pertanyaan pertanyaan di atas

    BalasHapus
  2. Pernikahan itu lebih rumit daripada kisah-kisah drama Korea dan Cinderella yang seolah happily ever after. Ada banyak hal yang memang mesti dipertimbangkan matang.

    BalasHapus