3 Teknik Ampuh Follow Up Customer Cepat Closing

3 Teknik Ampuh Follow Up Customer Cepat Closing

Sebagai pebisnis online, follow up menjadi salah satu teknik closing yang sangat penting. Follow up adalah ujung tombak dari hasil marketing yang sudah kita jalankan. Hal ini juga akan meningkatkan kepercayaan toko online yang Anda punyai. Follow up inilah yang menentukan customer jadi beli atau tidak. 


Sebelum lanjut dengan Teknik yang akan diberikan. Anda harus mengerti hal-hal dasar yang membuat customer pada umumnya tidak jadi beli (before sales):

  • Sudah beli di toko lain yang harganya lebih murah
  • Lupa jika sedang dalam proses transaksi jual-beli
  • Masih ragu untuk beli
  • Tidak punya uang
  • Iseng nanya aja

Maka dari itu, mari lakukan 3 Teknik Ampuh Follow Up Customer ini agar cepat closing.


1. Ajukan Opsi yang Berasumsi Bahwa Calon Customer Kita Akan Membeli

Jangan berikan kata yang berakhiran ‘enggak?’. Contohnya seperti: “Jadi beli enggak kak?”, Namun berikan customer pilihan dan berasumsi customer pasti akan beli. Karena dengan menanyakan ‘enggak?’, Anda memberikan customer kesempatan untuk bilang ‘Tidak’ terhadap produk Anda.

Kak, pesanan kakak ready stock dan siap kami proses ya. Kakak lebih nyaman transaksi via bank transfer atau via marketplace?

 

2. Berikan Penawaran Terbaik

Diskon pada umumnya akan membantu closing lebih cepat. Misalkan beli satu gratis itu. Usahakan penawaran yang Anda berhubungan dengan produk utama dan sulit ditolak oleh calon customer.

Semua manusia itu pada umumnya punya sifat greedy (rakus), manfaatkan tambahan benefit sebagai angle untuk mengaktifkan sifat rakus tersebut.

Hi kak! Produk yang kakak tanyain kemarin lagi kami diskon loh kak, jadi 100ribu dapat 3 kak produknya. Kakak kira-kira transfer jam berapa? Biar kami bantu siapkan orderannya.


3. Tanyakan Pertimbangan Mereka

Tantangan Anda disini adalah untuk mengkira-kira jawaban mereka, dan menyiapkan jawaban yang bisa membantu mereka untuk closing. Menanyakan pertimbangan customer, akan membuat customer merasa didengarkan.

Halo kak! Apakah kakak masih bingung dengan produknya? Tanya-tanya aja ya kak! Mungkin ada yang bisa kami bantu?


Itulah 3 Teknik Ampuh Follow Up Customer Cepat Closing yang biasanya saya terapkan untuk meningkatkan omset. Anda juga harus melihat karakter pelanggan terlebih dahulu, jangan semua customer kita samakan. Untuk Follow Up diatas cocok buat calon pelanggan yang sudah paham dengan produk kita dan sudah pernah tanya-tanya tetapi belum melakukan transaksi. Semoga bermanfaat!


1 komentar: