5 Macam Sumber Pendapatan Biar Gak Cuma Mengandalkan Gaji Bulanan

Dari buku Rich Habits (Tom Corely), bisa kita temukan studi dimana sebagian besar triliuner dunia mencapai kekayaan mereka dengan memiliki sumber-sumber pendapatan lebih dari satu -- tidak hanya mengandalkan pendapatan dari satu bisnis. Apalagi cuma mengandalkan gaji yang stagnan. Karena bila pun ada kenaikan gaji, tradisinya tidak bakal pernah lebih besar dari inflasi tahunan.


Tulisan ini saya buat untuk Anda yang mencari sumber pendapatan tambahan entah untuk memulai bisnis, berinvestasi lebih, keluar dari hutang yang menumpuk, atau membutuhkan uang lebih yang dapat mengubah hidup Anda. Berikut 5 Macam Sumber Pendapatan Biar Gak Cuma Mengandalkan Gaji Bulanan yang saya praktekkan sendiri.

1. Menjual Barang di Marketplace

5 Macam Sumber Pendapatan Biar Gak Cuma Mengandalkan Gaji Bulanan

Dunia digital sudah sangat maju dan semua orang mempunyai akses mudah terhadap Internet. Masyarakat juga lebih suka hal-hal yang praktis yakni berbelanja tanpa keluar dari rumah. 

Marketplace menjadi penengah antara transaksi penjual dan pembeli dalam dunia maya. Anda hanya perlu menyiapkan deskripsi produk dan gambar yang baik untuk memulainya. Sangat mudah bukan?


2. Bekerja Paruh Waktu / Part Time

5 Macam Sumber Pendapatan Biar Gak Cuma Mengandalkan Gaji Bulanan

Kerja part time merupakan pekerjaan yang memiliki waktu fleksibel. Biasanya pekerja part time menghabiskan waktu lebih sedikit, yaitu per harinya 3-5 jam, tergantung jenis pekerjaannya. Pekerja part time tidak memiliki kontrak kerja seperti pegawai tetap di kantor. Berikut beberapa contoh pekerjaan part time yang bisa jadi salah satu 5 Macam Sumber Pendapatan Biar Gak Cuma Mengandalkan Gaji Bulanan: Personal Assistant, Tutor atau Guru Les, Desainer, Waiter atau Barista, Copywriter, Fotografer, Penerjemah, atau Pemandu Wisata.


3. Mendapatkan Penghasilan dari Google Adsense

5 Macam Sumber Pendapatan Biar Gak Cuma Mengandalkan Gaji Bulanan

Menghasilkan uang dari internet itu bukan bualan semata. Google AdSense merupakan salah satu layanan pemasangan iklan dari Google. Layanan ini akan menampilkan iklan dalam space website/blog Anda. Penyedia iklan akan menawar space tersebut. Nantinya, Anda akan dibayar berdasarkan jumlah orang yang melihat dan mengklik iklan yang ada. Iklan yang ditampilkan sangat beragam, mulai dari teks, gambar, video, hingga media interaktif. Semua variasi iklan ini sengaja didesain agar bisa menyasar audiens yang tepat.


4. Hasilkan Uang dengan Menjadi Content Creator

5 Macam Sumber Pendapatan Biar Gak Cuma Mengandalkan Gaji Bulanan

Google, facebook, twitter, instagram, youtube, tiktok dan platform internet lainnya hanya mengumpulkan dan mengatur algoritma dalam mempublikasikan informasi yang Anda cari di sana. Orang-orang yang bertanggung jawab membuat semua informasi itu adalah content creator. Menjadi content creator perlu skill, waktu, internet dan kreativitas secara konsisten agar konten laku di pasaran. 

Sumber pendapatan lain sebagai content creator juga dapat dihasilkan dengan mengiklankan endorse produk tertentu dari pihak lain. Biasanya content creator akan pakai atau ulas produk tersebut di kontennya, tentunya berbayar dan harganya pun variatif tergantung dari jumlah subscribers dan followers.


5. Melakukan Investasi

5 Macam Sumber Pendapatan Biar Gak Cuma Mengandalkan Gaji Bulanan
Salah satu 5 Macam Sumber Pendapatan Biar Gak Cuma Mengandalkan Gaji Bulanan adalah dengan melakukan investasi. Sebagian besar Investasi memberi keuntungan yang lumayan. Investasi juga bermanfaat sebagai alat penjaga kekayaan. Investasipun mempunyai banyak macam dan level resiko yang berbeda. Dimulai dari Deposito, Obligasi, Reksadana, Emas, P2P lending, Saham dan Valuta asing. Apa pun jenis investasi yang akan Anda pilih, Anda harus bisa kelola investasi tersebut sebaik mungkin. Sehingga peluang untuk mendapatkan untung akan semakin besar.


Dari lima opsi sumber pendapatan diatas, Anda dapat menjalankan semuanya atau menyesuaikan juga dengan kondisi saat ini. Termasuk juga memperhatikan faktor hobi. Mungkin saja, ada hobi Anda yang bisa lakukan sebagai karyawan biar gak cuma mengandalkan gaji bulanan.

1 komentar:

  1. Informasinya sangat bermanfaat kak,memang kalo jaman sekarang gak ngikut nyari sampingan ya rugi hehe

    BalasHapus