5 TIPS BELANJA ONLINE (E-COMMERCE)

Dengan kemajuan internet membuat perkembangan toko toko offline Indonesia menjadi pesat dengan beralih ke online. Dengan belanja online, kita mempunyai kelemahan untuk tidak bisa melihat produk secara langsung. Apakah kamu pernah kecewa belanja online? Jangan kuatir, dengan 5 tips ini, kamu tidak akan lagi tertipu belanja online dan akan mendapatkan harga yang murah dengan kualitas sangat baik.






Source: https://www.memedroid.com/memes/detail/2471016/Price-Low-to-High
1. SORT DARI HARGA TERENDAH.
Yes. Fitur ini sangat magic. Dengan kita mengurutkan dari harga terendah, kita bisa langsung menembak dan melihat barang barang yang sesuai budget kantong (berguna banget buat tanggal tua). Tetapi, ada satu hal yang harus diperhatikan, harga murah yang tidak masuk akal belum tentu benar, sebaiknya di cross check dengan toko online lainnya.





Source: https://zemez.io/wordpress/wp-content/uploads/sites/2/2017/06/prod-order-def-1.png
2. SORT DARI TERPOPULER (MOST RATED and MOST BOUGHT)
Selain kita memfilter produk dari kategori yang kita mau, kita juga harus mengurutkan dari produk terpopuler atau produk yang paling sering dibeli. Disini kita bisa lihat, toko yang produknya paling sering dibeli. Toko yang paling sering dibeli dengan banyak review, meningkatkan rasa trust aku terhadap toko tersebut.





Source: https://me.me/i/why-is-your-review-about-how-fast-the-product-arrived-14985702
3. ULASAN (REVIEW)
Membaca ulasan dari pembeli lain yang sudah mengulas produknya. Dengan ini, kita bisa melihat pengalaman dari pembeli pembeli lain. Biasanya aku membaca ulasan yang paling tidak bagus dan bintang nya sedikit (1 atau 2), jadi kita bisa melihat kekurangan dari produk atau servis toko tersebut yang sudah pasti tidak disebutkan di dalam deskripsi. Dari sini kita membuat perbandingan berapa banyak ulasan yang bagus dan tidak bagus dari toko online tersebut.






Source: https://imgur.com/gallery/x9WH8
4. BACA DESKRIPSI PRODUK SEJELAS JELASNYA
Ada 3 faktor yang harus diperhatikan di dalam deskripsi: SIZE, DIMENSION & TERMS AND CONDITIONS.

SIZE (UKURAN) & DIMENSION:
Banyak sebagian dari toko online yang mengunggah foto dengan tidak jujur, bukan foto dari produk yang dia jual, melainkan foto dari google (internet) dengan produk yang sama. Disini, untuk menjadi smart buyer, kita tidak boleh tertipu dengan foto yang ada. Maka dari itu, kita perlu baca ukuran & spesifikasi yang berada di dalam deskripsi tersebut sejelas jelasnya. Jika belum jelas, kita bisa menggunakan fitur 'chat' yang menyambungkan kita ke owner toko online tersebut.

TERMS & CONDITIONS (SYARAT):
Syarat yang ditulis di deskripsi produk juga sangat penting untuk dibaca. Seperti contohnya, proses pengembalian barang, garansi produk, minimal pembelian, hari pengiriman setelah transfer dll. Sehingga jika produk tidak sesuai dengan ekspektasi kita, kita bisa mengembalikkan ke toko online tersebut sesuai dengan syaratnya.





Source: https://me.me/i/spend-way-too-much-money-online-shopping-next-day-site-422211
5. CARI PROMO ATAU KODE DISKON SEBELUM CHECK OUT.
E-commerce sering berkerja sama dengan bank dan website yang menyediakan kode diskon. Dengan kartu kedit apakah aku akan mendapatkan promo? Disini penting untuk membaca promo yang sudah disediakan dari e-commerce online tersebut. Selain itu, kita bisa googling 'KODE DISKON XXX(SERVICE E-COMMERCE YANG DIPAKAI)', dan google akan melampirkan banyak website yang sudah berkerja sama dengan e-commerce tersebut.

Untuk pembelanjaan internasional, biasanya mereka menerima kartu kredit Visa atau mastercard, jika tidak, kita harus memakai third party. Third party yang paling sering digunakan adalah Paypal. Disini kita harus mendaftarkan dan menghubungkan kartu kredit kita dengan PayPal, lalu baru kita bisa memulai belanja dalam E-commerce tersebut.

Hal yang paling penting diperhatikan untuk pembayaran via kartu kredit adalah, pada waktu terjadi transaksi, alamat web harus menjadi https:// (bukan http://) dan ada tanda kunci di browser bar.


Demikian 5 tips belanja online dari aku. Semoga berguna buat teman teman dan jangan sampai tertipu belanja online ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar