Fresh Graduate? Inilah 5 Cara Menjawab Pertanyaan Interview Pekerjaan yang Sering Ditanyakan.

Setiap fresh graduate umumnya akan merasa sangat grogi dan berdebar-debar saat menjalankan interview pekerjaan untuk yang pertama kali. Semua pertanyaan interview yang akan dilontarkan oleh manajer HRD harus dijawab dengan tepat dan cepat. Di sisi lainnya, Anda juga harus relax  dalam menjawab semua pertanyaannya untuk menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk perusahaan tersebut.
Di artikel kali ini, Saya akan mengulas 5 cara menjawab pertanyaan interview pekerjaan yang sering ditanyakan agar Anda lolos interview dengan mudah.

Ceritakan sedikit mengenai diri Anda.

Pertanyaan interview yang ini terdengar sangat mudah, namun banyak orang gagal dalam menjawab pertanyaan tersebut. Hindari menceritakan mengenai kesedihan keluarga Anda, maupun hal-hal dramatis lainnya. Berikan 2-3 prestasi yang telah Anda capai yang berhubungan dengan tempat kerja yang Anda lamar.

Contoh:

Nama saya Julia, saya lulusan Universitas Tertutup jurusan teknologi masa depan. Selama berkuliah, saya banyak aktif di organisasi dan berbagai kepanitiaan di UKM. Tugas saya dalam organisasi dan kepanitiaan adalah mengorganisir setiap event. Di waktu senggang, Saya menekuni skill komunikasi dan negosiasi. Saya adalah seorang quick learner yang bertanggung jawab dan siap bekerja sama dalam team.

Apakah yang anda ketahui dari perusahaan kami?

Siapapun yang menanyakan ini dalam pertanyaan interview, mereka hanya ingin mengetahui apakah Anda peduli dengan interview yang akan Anda jalankan. Mulailah dengan satu kalimat yang menggambarkan bahwa Anda sangat mengerti tujuan dari perusahaan tersebut, lalu lanjutkan dengan kalimat yang sedikit personal.

Contoh:

Perusahaan ini menjual make-up yang murni dari tumbuh-tumbuhan tanpa sentuhan hewani. Saya sendiri adalah seorang vegan dan Saya yakin Saya bisa mengembangkan perusahaan ini dengan mengkombinasikan teknik marketing yang Saya miliki dan dengan komunitas vegan yang Saya geluti beberapa tahun terakhir.

Apa kelebihan dan kelemahan Anda?

Untuk kelebihan yang ditanyakan dalam pertanyaan interview, Anda bisa sebutkan beberapa kelebihan utama yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Untuk kelemahan, sebutkanlah kelemahan yang Anda miliki namun tidak terlalu fatal, yang paling penting disini adalah untuk memberikan solusi untuk kelemahan yang Anda miliki.

Contoh:

Saya lebih senang bekerja dengan target, karena dengan adanya target, Saya jadi mempunyai parameter yang harus saya kejar dan ini membuat Saya termotivasi setiap harinya. Sebaliknya, kelemahan Saya adalah Saya sering lupa waktu ketika bekerja karena fokus mengejar target. Kelemahan ini mungkin akan berpengaruh dalam hidup Saya, namun Saya akan tetap terus berusaha menyeimbangkannya.

Apa yang membuat Anda melamar pekerjaan yang berbeda dengan jurusan kuliah Anda?

Jangan panik ketika mendapatkan pertanyaan interview ini. Tarik nafas dalam-dalam dan kembali relax. Ceritakan pelan-pelan pengalaman dan skill yang Anda miliki yang bisa Anda transfer di pekerjaan ini. Sangat mengesankan jika Anda bisa membuat cerita Anda mengalir dengan natural.

Contoh:

Skill design yang Saya pelajari selama kuliah dapat membantu pekerjaan marketing Saya menjadi mudah dan lebih upgrade. Saya mampu mengkombinasikan skill design yang saya miliki untuk memvisualisasikan produk Anda dengan teknik marketing yang Saya miliki.

Berapa ekspektasi gaji Anda?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, pastikan Anda mengetahui kisaran gaji dan posisi yang ditawarkan sebelumnya. Sebutkan range gaji yang sudah Anda pertimbangkan dengan kemampuan dan pengalaman Anda.

Contoh:

Dengan mempertimbangkan posisi dan pekerjaan yang akan Saya hadapi, gaji yang Saya harapkan adalah 4 sampai 5 juta rupiah per bulan, namun Saya terbuka dengan negosiasi.


Jadi untuk teman-teman yang Fresh Graduate, siap-siap menghadapi berbagai pertanyaan interview saat melamar pekerjaan impianmu. Persiapkan dengan matang dan tetap utamakan kejujuran. Good luck!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar