Jauhi Kemiskinan! Inilah Tips Bijak Menggunakan Promo di Era Serba Cashless.

Jauhi Kemiskinan! Inilah Tips Bijak Menggunakan Promo di Era Serba Cashless.
Seringkah anda memakai Go-Pay, OVO, Dana, LinkAja dan Flazz Card? Semuanya yang saya sebutkan adalah beragam contoh metode transaksi cashless yang sekarang ini sedang marak di Indonesia. Pengguna transaksi cashless ini beragam dari berbagai generasi, dan bukan anak muda saja, tapi siapa saja yang mempunyai smartphone.

Demi mengedukasi masyarakat untuk terbiasa menggunakan cashless, para merchant penyedia payment gateway berlomba-lomba untuk menyediakan promo cashback. Masyarakat menjadi sangat antusias untuk menggunakan metode cashless dikarenakan beberapa pengguna merasa lebih hemat dengan penggunaan promo. Namun, terkadang beberapa dari kita juga ada yang menjadi lebih boros karena iming-iming promo cashback ini. Jadi, apakah promo cashback benar-benar bikin hemat?
Tanpa disadari juga, banyak dari Anda yang akhirnya berkegantungan, lalu berpikir bahwa harga yang ditawarkan menjadi relatif lebih murah dengan promo cashback ini, sehingga Anda terus-menerus berbelanja meskipun tidak membutuhkannya.

Berikut adalah tips untuk lebih bijak menggunakan promo di era serba cashless:

Menentukan dan Membatasi Jumlah Top Up.

Jangan mengisi saldo terlalu banyak dalam e-wallet Anda. Saldo secukupnya dapat membantu Anda menahan diri untuk tidak berbelanja lebih dari saldo yang ada. Batasi jumlah saldo untuk kebutuhan transportasi atau membeli makan siang yang memberikan promo cashback.

Utamakan Kebutuhan

Walaupun ada promo, pertimbangkan dahulu baik-baik barang atau makanan yang hendak dibeli. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan. Keinginan adalah sesuatu yang ingin Anda penuhi tapi tidak memiliki keharusan. Kebutuhan adalah sesuatu yang Anda harus penuhi demi menunjang aktivitas Anda sehari-hari. Ketika Anda tidak bisa membedakan keinginan dan kebutuhan, maka Anda terjebak di masalah finansial.

Mencatat daftar belanja

Daftar belanja adalah sebuah list mengenai seluruh kebutuhan yang hendak dibeli sebelum pergi berbelanja. Dengan membuat daftar belanja, proses belanja akan lebih cepat dan Anda akan lebih mudah mengatur anggaran belanja. Hindari belanja di luar daftar ini untuk menghindari barang yang tidak perlu dibeli atau mungkin barang ganda yang Anda sudah punya sebelumnya.

Melakukan perbandingan dan pertimbangan dengan seksama.

Pembayaran dengan metode cashless memang sangatlah mudah dilakukan. Anda cukup mengeluarkan smartphone Anda dan membuka salah satu aplikasi cashless. Bahkan Anda bisa bertransaksi cashless dari rumah untuk membeli makanan dan berbelanja dengan mudah. Dengan ini, Anda akan semakin antusias untuk menggunakan pembayaran metode cashless.

Sebelum Anda berbelanja atau membeli makanan tersebut, bandingkanlah beberapa pedagang lainnya dan promo cashback yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi penyedia cashless. Hitung dengan teliti dan pertimbangkan ulang untuk memilih merchant yang memberikan promo cashback paling besar dan paling menguntungkan demi menghindari pemborosan.

Perhatikan syarat dan ketentuan promo.

Banyak pengguna aplikasi cashless sering lupa atau kurang teliti dalam membaca syarat dan ketentuan promo. Program cashless ini dirancang supaya menguntungkan bagi pedagang dan aplikasi penyedia cashless.

Syarat dan ketentuan promo yang meliputi minimum pembelian, maksimal diskon, tanggal berlaku promo, jenis pembayaran dan masih banyak lagi sangat penting untuk dibaca. Banyak pengguna sering protes dikarenakan tidak mendapatkan keuntungan akibat lalai membaca syarat dan ketentuan promo.

Ingat! Pembayaran cashless pada dasarnya juga uang tunai Anda yang berbentuk digital. Jika Anda berbelanja secara impulsif, dan tidak menggunakan promo cashback dengan bijak, Anda akan lebih boros dalam pengeluaran dan bukan malah berhemat dengan promo yang ada. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar