Waspada! Jangan Sampai Terjebak! Ini 5 Ciri Fake Friends yang Sering Manfaatin Kamu!

Teman adalah sesosok orang yang berada di sekitar Anda. Siapa saja bisa jadi teman, dari yang baru kenal sampai yang sudah lama kenal. Seperti contohnya teman kecil, teman sekolah, teman nongkrong sampai teman kerja. Berbicara mengenai teman, Anda pasti sering menemukan kasus dimana pertemanan dimulai dengan baik, lalu kemudian Anda mendengar bahwa “teman” Anda sedang membicarakan Anda dibelakang, menusuk Anda dari belakang dan bersikap manipulatif menjadi pura-pura baik di depan Anda. Lalu, Anda jadi tersadar bahwa mereka adalah fake friends.
Dalam pertemanan, biasanya pasti ada pernah ribut-ribut kecil. Namun ribut-ribut kecil ini adalah hal yang lumrah, karena dari sinilah Anda bisa membedakan teman yang tulus dan teman yang bersyarat alias fake friends. Penting bagi Anda untuk mengetahui dan mampu membedakannya. Sayangnya, mengetahuinya tidaklah mudah. Anda harus waspada dan jangan sampai terjebak dengan fake friends yang sering memanfaatkan Anda. Perhatikan ciri fake friends yang patut anda ketahui:

1. Baik dan Suka Menolong karena Ada Maksud.

Banyak teman yang baik, tapi jarang ada yang benar-benar baik tanpa ada maksud. Teman yang pura-pura baik dan suka menolong karena ada maksud biasanya tidak akan peka dengan lingkungannya ketika dia sedang tidak membutuhkan sesuatu. Teman yang seperti ini biasanya sangat pintar akting demi mendapatkan sesuatu yang Anda miliki.

2. Dia Tidak Akan Ada Saat Anda Membutuhkannya.

Ketika Anda membutuhkan teman, teman sejati selalu ada untuk Anda. Berbeda dengan fake friends yang mempunyai seribu alasan untuk menjauhi dan menghindari ketika Anda membutuhkan sesosok teman. Dia tidak akan ingat balas budi untuk Anda yang selalu ada untuk dia. Dia tidak akan peduli denganmu.

3. Dia Tidak Punya Teman yang Sangat Dekat.

Coba ingat dan amati baik-baik siapa teman dekat fake friends Anda. Biasanya fake friends cenderung tidak punya teman dekat, porsi kedekatan dengan teman-teman lainnya sama seperti dengan Anda. Fake friends biasanya tidak hanya memanfaatkan satu orang, tapi ke semua orang. Maka dari itu, dia tidak punya teman yang sangat dekat.

4. Mengkritik Menjatuhkan agar Terlihat Keren.

Teman sejati akan memberikan kritik yang membangun, sebaliknya fake friends memberikan kritik yang tidak membangun. Cara membedakannya mudah, kritik yang tidak membangun biasanya terdengar subjektif dan membuatmu merasa tidak berguna. Kritik yang membangun biasanya objektif dan memberikan solusi yang spesifik dan mendorongmu untuk maju.

5. Dia Menghormati Kalangan Tertentu.

Dia hanya menghormati kalangan tertentu yang bermanfaat, hanya untuk mendongkrak popularitas atau kalangan yang dapat memberi manfaat tertentu buat dia.

Jika Anda membaca artikel diatas sambil membayangkan muka seseorang, mungkin Anda sudah sadar siapa fake friends Anda. Saatnya Anda menyortir kembali teman-teman Anda dan putuskan sekarang juga teman yang pantas Anda pertahankan. Good luck!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar